Semua Hal tentang Transgender dan Arti Kata

2121 views
Berakhir 28 Oktober 2016
Semua Hal tentang Transgender dan Arti Kata

Semua Hal tentang Transgender dan Arti Kata

Kata Transgender sangat sering sekali kita dengar akhir akhir ini, baik dalam media tv maupun dalam media online, namun banyak yang belum paham sebenarnya apa itu transgender, apa arti transgender itu sendiri, untuk itu dalam pembahasan kali ini duniaberkata.com akan mencoba ulasa sedikit mengenai Pengertian Transgender ini.

Sponsored Ad

Jika kita Lihat Dalam segi psikologi sendiri, istilah transgender atau dikenal pula dengan transeksual merupakan predikat yang diberikan pada orang yang mengalami perbedaan antara identitas gender dan jenis kelamin biologis yang diperolehnya. Singkat kata, ada sebagian orang yang merasa ‘terperangkap’ di tubuh yang salah. Sebagai contoh, seseorang yang terlahir dengan anatomi tubuh dan organ kelamin pria, tetapi jiwanya ingin dimengerti dan diperlakukan sebagai seorang wanita.

Lalu hal apakah yang menyebabkan seorang pria atau wanita memutuskan diri sebagai seorang transgender? Ya, tentu ada beberapa faktor-faktor penting yang dapat dijelaskan secara ilmiah atas rasa ‘ketidakcocokan‘ antara kondisi fisik dan bantiniah yang mereka terima tersebut. Lalu secara rinci apa maksudnya? simak dibawah ini

1. Terjadi Karena Faktor bawaan

Yang dimaksud dengan faktor bawaan dalam pembentukan transgender ini adalah adanya peran genetik berupa susunan kromosom, ketidakseimbangan hormon, struktur otak, serta peluang terjadinya kelainan pada sayaraf otak. Susunan kromosom XXY misalnya, berpotensi menjadikan seseorang untuk memiliki kedua hormon testosreon dan esterogen.

Dalam perkembangannya, kadar hormon dominan itulah yang akan menuntun seseorang untuk menjadi transgender atau tetap bertahan sesuai dengan bentuk biologis tubuh yang dimiliki.

2. Terjadi Karena Faktor lingkungan

Selain memiliki faktor genetis, faktor lingkungan juga dipercaya mmeberikan kontribusi paling besar pada sifat yang berkembang pada diri anak laki-laki maupun anak perempuan. Sebagai contoh, adanya pengalaman trauma seksual pada masa anak-anak bisa memicu seseorang untuk melakukan transgender.

Selain itu, seringnya seorang anak bergaul dengan lingkungan yang diliputi satu jenis gender saja juga berpotensi menjadikan anak tersebut hanya memiliki satu wacana gender. Keadaan inilah yang bisa jadi mendorongnya untuk menjadi transgender lantaran merasa akrab dan dekat dengan dunia yang selama ini dikenalnya.

saya rasa dengan penjelasan diatas kamu sudah tau apa itu transgender yang tentu selama ini belum terfikirkan atau bahkan belum tau

Sponsored Ad

Topik Populer: