Mengenal Sosok Bahrun Naim Pemimpin Serangan Bom Sarinah

4759 views
Berakhir 28 Oktober 2016

Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo

Sponsored Ad

DuniaBerkata – Otak serangan bom di Sarinah, Tamhrin Jakarta Pusat adalah Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo alias Bahrun Naim. Seperti yang dinyatakan Inspektur Jenderal Tito Karnavian Kepala Polda Metro Jaya.

“Bahrun Naim merancang serangan seperti ini,” ujar Tito dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/1).
Tito menjelaskan, dugaan itu dari hasil penyelidikan jika Bahrun Naim adalah petinggi ISIS di kawasan Asia Tenggara. Keberadaan jaringan ISIS di Asia Ternggara merupakan gagasan Abubakar Al Baghdadi, selaku pimpinan ISIS.

Dia menambahkan, Al Baghdadi memerintahkan para pengikutnya untuk melancarkan serangan di luar wilayah Iraq dan Suriah.

“ISIS ini mengubah strategi, dulu strateginya hanya menggunakan operasi di Syria dan Irak. Tapi kemudian ada perintah dari amirnya, Abubakar Baghdadi untuk melakukan operasi di luar wilayah Irak dan Syria dan kemudian dibentuk cabang ISIS diseluruh dunia,” ujar Tito.
Untuk diketahui, saat ini ISIS sudah memiliki cabang di sejumlah Asia Tenggara, diantaranya Malaysia, Filipina, Thailand, dan beberapa negara lain termasuk Indonesia.

Siapa Bahrun Naim?

Muhammad Bahrun Naim alias Anggih Tamtomo alias Abu Rayan tercatat pernah tinggal di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Selain itu, dia pernah dipenjara atas kasus kepemilikan ribuan amunisi senjata api berbagai jenis. Dia ditangkap pada 2010 silam dan divonis 2,5 tahun penjara dan baru bebas pada bulan Juni 2012.

Setelah itu, kabar keberadaan Bahrun terdeteksi di Suriah. Disana dia bergabung dengan kelompok ISIS. Beberapa waktu lalu, nama Bahrun kembali muncul. Dia dikabarkan membawa kabur seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) asal Demak, Siti Lestari (23), ke Suriah.

Saat itu ayah Siti, yakni Sugiran mendapat informasi anaknya telah pindah kontrakan bersama pria bernama Bahrun Naim. Sugiran menambahkan, Siti pernah memperkenalkan Bahrun kepadanya sebagai calon suaminya.

“Terus terang saat itu kami tidak setuju karena lelaki itu masih punya istri dan juga sudah punya anak. Kami dengar informasi saat ini Bahrun Naim itu sekarang suah berada di Suriah. Kami tidak tahu persis keberadaan Siti saat ini,” ujar Sugiran kepada wartawan saat itu

Sponsored Ad

Topik Populer: