Daftar 34 nama provinsi di indonesia dan Ibukota Lengkap

1834 views
Berakhir 28 Oktober 2016

Sponsored Ad

Daftar 34 nama provinsi di indonesia dan Ibukota Lengkap – Kita sering mendengar Bang hajji rhoma irama sudah menyanyikan lagu berjudul 150 juta, liriknya: Seratus lima puluh juta penduduk indonesia .Terdiri dari banyak suku bangsa itulah Indonesia, Ada sunda, ada jawa, aceh, padang, dayak Dan banyak lagi yang lainnya. Itulah cerminan keberagaman indonesia. Kita patut bangga akan kayanya keragaman di indonesia. Keragaman itu bersatu padu di bawah panji semboyan bhineka tunggal ika. Dan, kayanya suku di indonesia ini terletak di seluruh gugusan pulau-pulau dari sabang sampai merauke yang terbagi menjadi 34 provinsi. Setelah mengalami perubahan reformasi sektor pemerintahan, indonesia, terkini di tahun 2014 memiliki 34 provinsi. Berbeda dengan pada zaman orde baru yang hanya memiliki 27 provinsi.

Berikut Nama Provinsi Di Indonesia Dengan Ibukotanya

NO NAMA PROVINSI NAMA IBU KOTA
1 Aceh Banda Aceh
2 Sumatera Utara Medan
3 Sumatera Barat Padang
4 Riau Pekanbaru
5 Jambi Jambi
6 Sumatera Selatan Palembang
7 Bengkulu Bengkulu
8 Lampung Bandar Lampung
9 Kepulauan Bangka Belitung Pangkal Pinang
10 Kepulauan Riau Tanjung Pinang
11 Jakarta Jakarta
12 Yogyakarta Yogyakarta
13 Jawa Barat Bandung
14 Jawa Tengah Semarang
15 Jawa Timur Surabaya
16 Banten Serang
17 Bali Denpasar
18 Nusa Tenggara Timur Kupang
19 Nusa Tenggara Barat Mataram
20 Kalimantan Barat Pontianak
21 Kalimantan Tengah Palangka Raya
22 Kalimantan Selatan Banjarmasin
23 Kalimantan Timur Samarinda
24 Kalimantan Utara Tanjung Selor
25 Sulawesi Utara Manado
26 Sulawesi Tengah Palu
27 Sulawesi Selatan Makassar
28 Sulawesi Tenggara Kendari
29 Sulawesi Barat Mamuju
30 Gorontalo Gorontalo
31 Maluku Ambon
32 Maluku Utara Sofifi
33 Papua Jayapura
34 Papua Barat Manokwari

Dengan mengetahui provinsi di Indonesia itu artinya kita sudah mengenal lebih dalam tentang Indonesia tercinta ini, mungkin masih banyak yang belum mengetahui seluruh provinsi yang ada hingga saat ini, maka dengan itu pada kesempatan ini akan mencoba untuk membuat sebuah artikel yang memuat daftar provinsi yang ada negeri tercinta ini, sebagai pengetahuan kita bersama agar kelak jika ada yang bertanya kita bisa memberikan jawabannya, sebagai Negara kepulauan tentunya pada setiap provinsi memiliki berbagai keanekaragaman yang berbeda satu sama lain.

Setiap provinsi mempunyai kepala daerah yang disebut Gubernur, pada era reformasi provinsi yang memiliki wilayah yang sangat luas kemudian dimekarkan menjadi beberapa bagian contohnya propinsi riau, berhubung mempunyai wilayah yang luas maka riau dimekarkan menjadi dua provinsi yaitu provinsi Riau dan propinsi Kepulauan Riau, begitu juga dengan provinsi Papua Barat yang awalnya masuk ke provinsi Irian Jaya, di Jawa Barat terdapat juga provinsi hasil dari pemekaran yang dinamakan dengan provinsi Banten, adapun tujuan dari pemekaran yaitu agar terciptanya peningkatan efisiensi pemerataan pembangunan agar dapat berjalan dengan lancar dan seimbang, dari 34 provinsi, 5 di antaranya mempunyai status sebagai daerah istimewa seperti Aceh, Yogyakarta, Jakarta, Papua dan Papua Barat.

Sponsored Ad

Topik Populer:

Tags: